Headlines
Published On:Minggu, 30 September 2012
Posted by azhar lizaraju

Kelebihan dua ayat terakhir surat Al Baqarah

 

“Rasul telah beriman kepada AL Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan : “Kami dengar dan kami taa”. (Mereka berdoa) : “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a) : “ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kam; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir “ (QS. AL Baqarah:285-286)

Membaca Alquran merupakan hal yang sangat sering kita lakukan, tapi taukah sob ?? dua ayat terakhir dalam surat albaqarah, yaitu ayat 285 dan 286 mempunyai kelebihannya sendiri.
Meriwayat oleh imam Muslim dari Abi Mas’ud Al-Anshari, beliau berkata, bersabda Rasulullah saw, “ barang siapa yang membaca dua ayat pada akhir surat Al Baqarah, niscaya dua ayat tersebut mencukupi baginya”
Lantas apa yang dimaksud dengan sabda rasul “dua ayat tersebut mencukupi baginya”, ulama berbeda pendapat, sebagian mengatakan mencukupi dari mengerjakan shalat malam, ini ditegaskan oleh riwayat dari ibnu Ibnu Umar, yang bahwa beliau berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda “ menurunkan oleh Allah dua ayat dari harta simpanan surga, yang ditutupkan dengannya surat AlBaqarah, barang siapa yang membacanya sesudah shalat Isya, niscaya memadai dengan dua ayat tersebut dari mendirikan malam”
Sebagian ulama mengatakan “Dua ayat tersebut mencukupi baginya”, maksudnya, mencukupi dari kejahatan syaithan, sehingga syaitan tidak dapat menguasainya.
Dalam hadis yang lain, yang juga diriwayatkan oleh muslim dalam kitab Shahihnya, “Bergembiralah dengan dua cahaya yangdiberikan(oleh Allah) kepadamu dan belum pernah diberikan kepada seorang nabipun sebelummu, yaitu surat Al fatihah dan penutup surat albaqarah, tidak engkau baca satu hurufpun dari keduanya kecuali (semua) engkau diberikan”.
Dan perlu untuk diketahui juga, dua ayat ini disunatkan juga membacanya ketika hendak tidur.
Wallahu A’lam.

About the Author

Posted by azhar lizaraju on 19.52. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By azhar lizaraju on 19.52. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Kelebihan dua ayat terakhir surat Al Baqarah"

Leave a reply

Video

Flag Counter

teaser

mediabar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini